Thursday, November 2, 2017

7 Dewa Petir dalam Berbagai Mitologi selain Thor

Tags

Sejak kemunculan film pertamanya yang rilis pada tahun 2011, Thor selalu lekat sebagai simbol dari dewa petir dalam dunia pop culture. Karakter Thor sendiri terinspirasi dari dewa petir dalam mitologi Nordic dengan nama yang sama. Meskipun sudah lama muncul di dunia komik Marvel, sudah gak bisa dimungkiri lagi bagaimana kombinasi "sihir" dari Marvel Studios dan karisma Chris Hemsworth bikin Thor yang diperaninya menjadi begitu mantap dan ikonis.
Sebenarnya ada banyak dewa petir selain Thor yang berasal dari berbagai mitologi lain yang cukup populer. Karena begitu populer, ada beberapa dewa petir yang dapat dijadikan inspirasi untuk karakter-karakter dalam dunia pop culture, mulai dari komik, film, dan video game.

Ini beberapa dewa petir dari berbagai mitologi yang populer di kalangan pencinta pop culture karena kemunculannya di komik, film, atau pun video game.

#1. Zeus

Dalam mitologi Yunani, Zeus dikisahkan sebagai raja dari para dewa-dewi. Dia diceritain sebagai dewa yang mampu mengendalikan langit, cuaca (termasuk petir dan hujan), dan kekuatan-kekuatan ilahi lainnya. Zeus selalu digambarin oleh seniman Yunani dalam posisi berdiri dengan tangan kanan memegang petir dan duduk di tahtanya. Karena statusnya sebagai "Ayah dari para dewa dan manusia", anak-anaknya pun juga jadi dewa-dewi yang enggak kalah populer, seperti Athena, Apollo, Hermes, Ares, dll.

Statusnya sebagai dewa dari para dewa membuatnya populer di kalangan penggiat budaya pop. Makanya karakter ini muncul dalam sejumlah film, komik, dan video game. Salah satu karakter Zeus yang paling ikonis adalah Zeus, tokoh antagonis utama dalam God of War. Zeus juga jadi salah satu hero dalam Dota 2. Selain itu ada juga karakter Zeus yang diperanin Liam Neeson dalam remake Clash of the Titans (2010) dan sekuelnya, Wrath of the Titans (2012).

#2. Indra

Dewa Indra dikenal sebagai dewanya para dewa-dewi mitologi Hindu. Statusnya pun benar-benar suci di mata penganut agama Hindu. Oleh kepercayaan Hindu, Indra digambarin sebagai dewa petir, dewa hujan, dewa perang, raja surga, dan banyak gelar dewa lainnya. Dia juga digambarin sebagai pemimpin delapan dewa yang menguasai aspek-aspek alam.

Dalam budaya populer, Indra enggak begitu banyak muncul sebagai karakter fiksi seperti dewa-dewa di mitologi barat. Salah satu karakter yang terinspirasi dewa Indra adalah Paras Gavaskar alias Indra, seorang mutan yang bisa mengubah wujudnya menjadi ksatria berbaju zirah dalam serial komik X-Men. Indra juga menjadi inspirasi karakter anak Rikudo Sennin dan leluhur klan Uchiha dalam manga Naruto, Indra Otsutsuki.

#3. Jupiter

Bisa dibilang Jupiter merupakan versi mitologi Romawi Kuno-nya Zeus. Statusnya sama-sama sebagai dewa dari segala dewa dengan gelar Optimus Maximus yang berarti "dewa terbaik dan terbesar". Dia juga digambarin sebagai dewa pelindung yang bisa mengendalikan langit dan petir. Jupiter juga dikenal sebagai penguasa tahta Romawi yang memerintah hukum dan tatanan sosial. Dia juga punya anak yang menjadi dewa-dewa Romawi kuno, seperti Mars dan Merkurius.

Sayangnya, popularitas Jupiter masih kalah dari Zeus dalam dunia pop culture. Enggak banyak karakter komik, film, atau video game yang terinspirasi dari dewa Romawi ini. Dalam semesta DC Comics, Jupiter digambarin sebagai tokoh dewa, tapi dengan peran yang enggak sebesar Zeus. Jupiter juga jadi inspirasi karakter Sailor Jupiter dalam anime Sailor Moon.

#4. Raijin

Raijin adalah sebutan untuk dewa petir dalam mitologi Jepang dan agama Shinto. Dia jadi salah satu dewa yang cukup unik. Pasalnya, dia dihormati sekaligus ditakuti karena wujudnya yang menyerupai iblis dan kekuatannya yang dianggap sebagai sumber bencana badai di Jepang. Makanya, untuk menghormati Raijin, masyarakat Jepang memasang lukisan atau patung Raijin di rumahnya agar terhindar dari bencana. Dia digambarin sebagai dewa yang sangar, dengan muka seram, badan berotot, dengan sayap bulat berbentuk genderang bersimbol tomoe yang berfungsi memanggil petir.

Raijin cukup populer dalam dunia pop culture. Ada cukup banyak karakter dalam komik, anime, dan video game yang terinspirasi darinya. Salah satu yang paling populer adalah karakter Enel dalam manga/anime One Piece. Selain itu ada juga karakter Raijin dalam game Smite. Raijin juga jadi inspirasi dari karakter Thundurus, Pokemon legendaris dalam game Pokemon.

#5. Thunderbird

Enggak cuma dari Asia atau Eropa saja, ada sosok dewa petir yang dikenal di benua Amerika. Menurut kepercayaan suku Indian, petir dan badai yang melanda wilayahnya adalah hasil kepakan sayap dari dewa petir berwujud burung bernama Thunderbird. Dia digambarkan sebagai dewa pengendali cuaca yang berwujud burung besar dengan tanduk dan paruh yang memiliki gigi. Selain mengendalikan cuaca lewat kepakan sayapnya, Thunderbird juga diceritain bisa menembakkan petir dari matanya.

Thunderbird enggak begitu besar pengaruhnya di dunia pop culture dibanding dewa-dewa petir lainnya. Makanya hanya ada satu karakter yang terinspirasi dari dewa yang satu ini, yaitu Zapdos, Pokemon legendaris dalam game Pokemon.

#6. Chaac

Dewa yang satu ini merupakan sosok dewa hujan dan petir dalam kebudayaan Maya. Chaac mampu mengeluarkan petir dan hujan dengan melemparkan kapaknya ke arah langit. Pada zaman dulu masyarakat suku Maya melakukan pemujaan dan persembahan manusia kepada Chaac untuk mengundang hujan yang berguna untuk menyuburkan pertanian. Meski enggak begitu populer, dewa Chaac menjadi inspirasi karakter Chaac dalam game Smite.

#7. Set

Set yang juga dikenal dengan nama Seth, Setesh, Sutekh, Setekh, atau Suty, merupakan dewa gurun, badai, dan petir dalam mitologi Mesir Kuno. Dia juga dikenal sebagai dewa kegelapan dan kekacauan. Wujudnya seperti manusia, namun dengan kepala burung berwarna hitam.

Dalam kisah mitologi Mesir Kuno, Seth diceritain sebagai pemberontak dan pembunuh yang sadis. Dalam budaya populer, Seth jadi inspirasi sejumlah karakter antagonis dalam komik dan film. Salah satunya adalah karakter dewa Mesir bernama Seth dalam semesta komik Marvel.

Rasanya, wajar aja, sih, kalau sosok dewa petir selalu jadi langganan dijadiin karakter dalam komik, film, dan video game. Soalnya, dewa petir secara kekuatan memang lebih unggul dibanding dewa-dewa lain. Selain itu, dari nilai estetikanya, karakter dewa petir potensial banget buat manjain mata. Nah, siapa karakter dewa petir dalam komik/film/video game favorit lo?

1 comments so far

menang berapapun di bayar
ayo segera bergabung bersama kami di bandar365*com
WA : +85587781483


EmoticonEmoticon