Thursday, October 26, 2017

Bukan Hanya Keren, Ini Manfaat Monitor Layar Lengkung!

Masa depan terus dikejar oleh manusia, guna meningkatkan kualitas hidup. Begitu pula dengan kualitas sudut pandang, yang terus ditingkatkan. Jika kita mundur ke belakang, maka siapa sangka jika layar cembung yang dulu banyak dipakai orang kini berubah drastis menjadi layar lengkung atau cekung. Beragam nilai jual, mulai dari ukurannya yang besar, model lengkung yang terkini, dan kejernihan yang hadir menjadi pemikat pasar monitor.
Pun begitu, masih banyak pengguna yang mengganggap monitor dengan layar datar sudah lebih dari cukup untuk menemani aktifitasnya. Mereka masih belum menilai monitor layar lengkung sebagai peningkatan dari kualitas sudut pandang. Lalu, apa sebenarnya manfaat dari curved monitor?

Monitor Layar Lengkung Bervisual lebih baik
Saat memandang sebuah monitor berlayar lengkung, visual yang baik akan menjadi santapan yang nikmat. Namun, tahukah kamu jika monitor berlayar lengkung memiliki keterbatasan display? Pasalnya model layar tersebut terbatas pada resolusi 1080p. Dengan demikian, walau bentuk curved akan meningkatkan visual yang lebih baik, namun akan sebanding dengan screen yang berukuran lebih kecil di sisi resolusinya.

Baca Juga : 
Tips dan Cara Mudah Untuk Membersihkan dan Merawat Tombol Keyboard Pada Laptop

Lain halnya jika kamu memilih layar beresolusi 4K. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi, kamu akan disajikan dengan jumlah pixel 4 kali lipatnya. Walau jika dilihat dari segi bentuk, layar 4K sudah dibilang ketinggalan jaman.

Sudut Pandang yang Lebih Lebar

Inilah poin paling penting yang menjadi alasanmu untuk memiliki sebuah monitor layar lengkung. Saat curved screen telah menjadi perangkat yang mengisi meja, maka bisa dipastikan sudut pandang yang akan didapatkan jauh lebih besar dibanding dengan monitor layar datar.

Hal ini merupakan kompensasi dari bentuk melengkung yang diusung oleh para produsen curved monitor, seperti Samsung S34E790C dan LG 34UC97C. Kami yang sempat mencicipi kedua monitor tersebut telah disuguhkan dengan angle view yang sangat lebar, and we love it!

Sensasi 3D

Selain sudut pandang yang lebih lebar, curved monitor juga memiliki kelebihan lainnya, yakni menciptakan sedikit sensasi 3D. Bentuk yang tersaji pada monitor lengkung akan turut menyajikan tampilan yang lebih hidup kepada siapa saja yang memandangnya.

Baca Juga : 
Perbedaan dari Virus, Trojan, Malware, Spyware, dan Worm

Pun begitu, secara teknis gambar yang tersaji bukanlah 3D yang sesungguhnya. Kelengkungan dari layar secara otomatis akan meningkatkan persepsi akan kedalaman gambar yang tersaji.

Bermain Game dengan Tampilan yang Lebih Lebar
Bermain game! Siapa dari Anda yang tak bermain game saat ini. Memang, bermain game dengan monitor 16:9 tak akan membuat Anda langsung kalah dalam persaingan dengan lawan-lawan Anda. Namun, dengan monitor ultra-wide yang memiliki aspect ratio 21:9, yang tentunya membuat resolusi layar Anda lebih lebar, bisa membuat Anda selangkah lebih di depan. Anda bisa mendapatkan visual lebih lebar dan tentunya sudut pandang yang lebih luas daripada lawan-lawan Anda.

Monitor layar lengkung terlihat mewah

Hal terakhir yang menjadi nilai jual dari monitor layar lengkung adalah bentuknya yang mewah. Siapa yang bisa menyangkal kemewahan yang hadir disudut ruanganmu saat curved monitor duduk di dalamnya?

Saat disebelahkan dengan monitor LCD, curved monitor akan mendapat acungan jempol yang jauh lebih banyak, dan sang pemiliknya bisa dipastikan menjadi primadona.

Kesimpulan

Kehadiran layar monitor dewasa ini memang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi para pemiliknya. Penampilan desktop yang lebih keren tentu menjadi nilai jual utamanya. Pun demikian, masih terdapat beberapa keuntungan lain yang akan diraih oleh pengguna jenis terbaru di segmen layar monitor tersebut.

Baca Juga : 
Windows 10 Anda Lambat? Inilah 9 Tips/Cara Untuk Mempercepat Kinerja Windows 10

Salah satu contohnya konkritnya adalah sudut pandang yang lebih luas yang bisa diraih oleh penggunanya. Hal itu sangat menguntungkan, terlebih disaat penggunanya adalah seorang maniak game. Belum lagi, kualitas visual yang lebih baik akan sangat mudah untuk didapatkan.

2 comments

Mungkin Cocok jga Buat para gamer ya mas..
Nice Info

jadi pengen beli nih gan, hehehe
kayaknya asyik tuh kalau punya monitor layar lengkung


EmoticonEmoticon