Monday, October 16, 2017

7 Teknologi yang Akan Mengubah Dunia

Selama ini, teknologi telah mengubah banyak hal dalam hidup kita. Teknologi akan terus membawa perubahan di dunia. Di tahun 2020-an besok, kita harus bersiap-siap dengan perubahan besar yang akan terjadi. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika RI, ada 7 teknologi baru yang sedang dikembangkan. Hal ini berdasarkan pada riset termutakhir dari World Economic Forum


Berikut ketujuh teknologi tersebut :

1. Internet of Things
Internet of Things (IoT) akan mulai digunakan di seluruh dunia pada tahun 2020. Teknologi ini berupa peralatan yang dapat mentransfer data ke perangkat lain tanpa membutuhkan interaksi manusia. Perangkat ini memiliki sambungan internet sendiri untuk berkomunikasi dengan perangkat lain.

2. Robot
Robot akan mulai digunakan secara luas pada tahun 2021. Sebenarnya, saat ini sudah ada beberapa robot yang mulai diperkenalkan. Namun, penggunaannya masih dalam tahap penelitian dan memerlukan penyempurnaan. 
Baca juga :
14 Aplikasi Produk Google Paling Bermanfaat dan Populer
Di tahun 2021, teknologi robot akan sudah disempurnakan. Sehingga, khalayak umum sudah bisa merasakan manfaatnya, Dengan adanya robot, manusia akan banyak terbantu. Robot untuk bidang kesehatan, misalnya, dengan robot ini operasi dapat dilakukan lebih baik dan teliti. Selain itu, dokter bedah juga lebih ringan kerjanya karena tidak perlu melakukan operasi selama berjam-jam.

3. Chip atau sensor

Di tahun 2022, chip juga akan dipergunakan secara luas. Chip atau sensor ini dapat memberi manfaat pada berbagai aspek kehidupan. Dengan adanya teknologi ini, data pemakainya dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas hidup mereka. Selain itu juga berguna bagi pihak penegak hukum. Chip nantinya akan disisipkan di benda-benda tertentu dalam perolehan datanya.

4. Implanted phone
Teknologi ini rencananya akan diluncurkan pada tahun 2024. Dengan implanted phone, manusia tidak perlu membawa Smartphone kemana-mana. Hal ini karena komponen Smartphone akan tertanam di otak manusia. Beberapa orang mungkin sedikit ngeri dengan teknologi ini.

5. Digital health
Teknologi ini akan mulai diluncurkan pada tahun 2024. Dengan teknologi ini, manusia akan dapat mengontrol kesehatannya dengan lebih baik.
Baca juga :
Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Smartphone
Digital health adalah tentang menghubungkan secara elektronik titik perawatan sehingga informasi kesehatan dapat dibagi dengan aman. Ini adalah langkah awal untuk memahami bagaimana Digital health dapat membantu memberikan layanan kesehatan yang lebih aman dan lebih baik. Digital health menawarkan berbagai produk yang dirancang untuk membantu Anda memberikan layanan kesehatan yang lebih aman dan berkualitas.

6. Ride sharing car
Teknologi berbasis transformasi yang umum akan digunakan. Teknologi ini semacam Gocar dan Grab Car. Ride sharing car akan menjadi hal umum di tahun 2026 kelak.

7. Artificial intelligence
AI (Artificial Intelligence) / kecerdasan buatan merupakan sebuah teknologi komputer atau mesin yang memiliki kecerdasan layaknya manusia. Sederhananya gini sebuah instruksi pintar yang diberikan kepada program maupun mesin.
Baca juga :
Lalu apa tujuan dari dibuatnya AI itu sendiri ?
Menurut Winston dan Prendergast (1984), tujuan kita membuat AI itu ada 3 yaitu ;
1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama). Misal kita ambil contoh komputer, mesin itu dibuat yang awal mulanya hanya bisa digunakan untuk mengetik begitu dikembangkan fungsinya sehingga dapat digunakan dalam berbagai macam hal seperti bermain game, mulitmedia, editing, dll.
2. Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah). Seiring dengan laju perkembangan teknologi dengan diciptakannya artificial intelligence itu sendiri dianggap mampu membantu dalam memecahkan masalah secara efektif, efisien, dan lebih teliti.
3. Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial). Keadaan AI pada mesin dapat meningkatkan akurasi pemrosesan. Hal ini tentunya membuat pekerjaan pun menjadi lebih ringan dan dapat memberikan hasil secara maksimal.

Artificial intelligent alias kecerdasan buatan akan diluncurkan pada tahun 2026. Saat ini, teknologi ini sudah mulai dikembangkan.


EmoticonEmoticon